Mengapa Kredit Perumahan BTN Jadi Terfavorit? Ini 7 Alasannya

Zaman sekarang, keberadaan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah sangat membantu banyak orang. Baik itu untuk para developer rumah, maupun masyarakat. Oleh karena itu, muncul banyak pihak yang menyediakan layanan terkait pembiayaan rumah hunian. Salah satunya BTN. Dengan hadirnya perumahan BTN, diharapkan bisa menjadi jembatan antara orang berpenghasilan rendah dengan rumah impiannya.

Kehadiran Bank BTN menjadi angin segar untuk kita. Sekaligus memberi sinyal bahwa pemerintah sebenarnya peduli dengan kita. Hal ini sudah dibuktikan dengan eksistensi BTN sejak tahun 1974, sebagai Bank Tabungan Negara nomor 1 di Indonesia. Mengapa kredit perumahan dari Bank BTN sangat difavoritkan oleh banyak orang? Kiranya inilah alasan-alasan yang mendasarinya.

  1. Eksistensi Sejak Lama

Terhitung, sudah 37 lebih Bank BTN melayani pembiayaan kredit rumah untuk kalangan masyarakat. Tepatnya ketika ditunjuk oleh pemerintah tahun 1974 dalam rangka pembangunan rumah menasional. Sebagai gambaran, semula BTN didirikan pada tahun 1934 dengan nama Post-spaarbank, berganti jadi Bank Tabungan Pos (1950), dan terakhir tahun 1968 hingga sekarang.

Sepak terjangnya yang begitu lama itu jadi bukti bahwa legalitas dan kredibilitasnya tak perlu diragukan lagi. Dari pemerintah sendiri, Bank BTN ditunjuk untuk mewakili harapan masyarakat menengah ke bawah secara langsung dalam pembiayaan rumah murah. Tercatat hingga sekarang, sudah lebih dari 3 juta unit hunian telah diwujudkan.

  1. Bermitra dengan Banyak Developer Rumah

Keberadaan pengembang atau developer rumah tak bisa diabaikan. Merekalah yang mampu membuat rumah hunian jadi bervariasi. Kebanyakan dari mereka mengaku puas telah bekerjasama dengan Bank BTN. Pasalnya, lebih dari 95% dari masyarakat, membeli rumah dengan cara kredit. Sementara para pengembang perlu uang tunai agar bisnisnya kian berkembang.

Apa kerjasama antara Bank BTN dengan para developer rumah untuk masyarakat? Tentu saja akibat dari itu, Anda akan dihadapkan dengan beragam pilihan rumah murah yang sangat bervariasi. Tinggal pilih mana yang terbaik dan sesuai karakter usaha Anda. Sementara dari pihak BTN sendiri, akan membuat Anda bisa langsung menempati rumah begitu DP dibayar.

  1. Punya Pangsa Pasar Sendiri

BTN terkenal sebagai penguasa pembiayaan perumahan murah. Hal ini disebabkan karena Bank BTN punya pangsa pasar sendiri dan tidak bisa dimasuki oleh bank-bank lain. Banyaknya biaya infrastruktur yang diterapkan oleh bank lain, tentu tak bisa menyamai kiprah Bank BTN di Indonesia dalam bisnis KPR ini.

  1. Tersedia Produk Murah dan Berkualitas

Perumahan BTN punya standardisasi tersendiri dalam mengklasifikasikan antar produk KPR-nya. Wajib diketahui pula bahwa Bank BTN hanya mengkampanyekan 2 produk andalan. Pertama, bernama KPR BTN Platinum. Kedua, KPR BTN Sejahtera FLPP. Keduanya terdapat subsidi dalam mewadahi pembiayaan KPR.

  1. Bekerjasama dengan Pemerintah

Seperti yang telah disebutkan pada poin pertama, Bank BTN tampil sebagai lembaga perbankan yang ditunjuk langsung oleh pemerintah. Tidak hanya itu, bahkan lembaga ini tercatat sebagai penyedia layanan KPR pertama kali di Indonesia.

Tentu saja soal kerjasama merujuk pada Menteri Perumahan Rakyat.Tanpa adanya kerjasama ini, tentu keberadaan rumah baru dan bersubsidi besar hampir mustahil. Hal ini sudah tercantum dalam Peratutan Menteri PUPR Nomor 33/PRT tentang penyelenggaraan alokasi dana khusus di bidang infrastuktur.

  1. Cepat, Murah, Terjangkau

Bank BTN terkenal dengan pelayanannya yang cepat, suku bunga rendah, dan juga harga rumah yang bervariasi sekaligus terjangkau. Tak heran kalau banyak orang sejak awal tahun 80-an sudah menggunakan layanan KPR ini. Pelayanan yang hanya memakan waktu semingguan tentu tidak akan membuat Anda lama-lama menunggu untuk menikmati rumah hunian baru.

  1. Telah Hadir KBR BTN

Selain KPR BTN yang sudah terkenal sejak lama, ada pula KBR yang memiliki kepanjangan Kredit Bangun Rumah. Apa perbedaan antara keduanya? Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membantu pembiayaan kebutuhan Anda dalam pembangunan rumah impian. Bedanya hanyalah masalah syarat dan sedikit teknis lainnya. Apa saja?

Pertama soal bunga. Dalam KPR, terdapat suku bunga tetap 5%, sementara KBR berkriteria kompetititif. Kedua soal jangka waktu kredit. Dalam KPR, maksimum 20-25 tahun, sementara KBR hanya 10 tahun. Selain itu relatif hampir sama. KBR kiranya dikhususkan untuk orang yang ingin memiliki rumah sendiri dalam jangka waktu yang relatif sedikit.

Pelayanan yang unggul, pembiayaan murah, inovatif, dan punya jaringan luas menjadi poin khusus ketika Anda mempertimbangkan ingin ambil kredit rumah lewat BTN. Bank BTN selalu memelihara visi jadi bank terdepan atau nomor 1 dalam hal pembiayaan perumahan. Prinsip good corporate governance dalam upaya peningkatan shereholder value tentu sudah menjelaskan bagaimana kinerja BTN selama ini.

Setelah membaca 7 alasan kenapa kredit perumahan BTN jadi terfavorit, apakah sekarang Anda sudah menentukan pilihan? Harga tanah dari tahun ke tahun selalu meningkat. Ketika Anda mengambil kredit rumah bersubsidi, tentu Anda sudah mengamankan satu langkah ke depan. Terutama lagi kalau berkaitan dengan bisnis Anda yang tengah digeluti di seputar rumah. Kabar bagus, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *