Pilihan Investasi Emas

Berinvestasi emas tidak lagi dilakukan oleh generasi orang tua. Ditengah persaingan yang ketat, generasi muda sudah harus berpikir panjang untuk mempersiapkan masa depannya. Tidak lagi menabung uang dari hasil gajian per bulan yang hanya dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari, anak muda harus pandai-pandai berinvestasi, salah satunya investasi emas.

Pada dasarnya, investasi emas memang jauh lebih menguntungkan dibandingkan bentuk investasi lain seperti bangunan, tanah atau mata uang dollar AS. Hal ini disebabkan karena emas memiliki nilai yang cenderung konstan, per tahunnya emas cenderung mengalami kenaikan. Berbeda dengan investasi mata uang dollar yang masih terkait dengan inflasi. Keuntungannya adalah nilai emas mampu mengalahkan naik turunnya inflasi. Sehingga masyarakat tak perlu was-was dengan kemerosotan nilai emas, walaupun tetap perlu dilakukan pemantauan harga emas di pasaran. Konstan atau cenderun naiknya harga nilai emas ini juga beralasan, karena emas merupakan sumber daya alam berbasis tambang, yang memiliki jumlah yang terbatas.

Berikut adalah beberapa pilihan investasi emas yang bisa anda lakukan

  • Investasi klasik: Cara pertama dan yang paling kuno dalam berinvestasi emas adalah membeli emas koin dan batangan. Sejak zaman dahulu orang-orang kaya telah banyak menimbun emas dalam bentuk fisik sebagai harta kekayaan yang akan mereka wariskan ke anak cucu mereka di masa depan. Seiring perkembangan zaman, minat investasi emas dengan membelinya menjadi surut karena hadirnya berbagai instrumen investasi yang lain semisal investasi pasar modal. Di negara-negara tertentu, emas masih dipandang sebagai simbol kekayaan sehingga permintaan emas fisik dalam bentuk koin dan batangan tetap besar. India dan Cina, misalnya, terkenal sebagai negara dengan sumber permintaan emas terbesar di dunia.
  • Gadai emas: Dengan gadai emas, Anda akan mendapatkan uang tunai. Uang ini yang bisa digunakan untuk sejumlaj keperluan. Emas Anda akan disimpan pihak yang punya produk gadai emas. Suatu saat kalau Anda sudah punya uang tunai, emas tersebut bisa ditebus. Jadi, Anda tidak perlu menjual atau kehilangan emas yang sudah dimiliki sebelumnya. Sementara kelemahannya adalah Anda perlu menanggung pembayaran cicilan pinjaman sekaligus biaya penyimpanan. Yang perlu diwaspadai, apabila Anda menggunakan uang pinjaman hasil gadai emas untuk keperluan konsumtif atau modal usaha yang berujung kegagalan, bisa dipastikan investasi emas ikut tergerus.
  • Trading emas: Kelebihannya, investor tidak perlu bingung harus menyimpan emas di mana. Kemudian bisa meraih keuntungan saat harga naik atau turun serta bisa melakukan investasi dengan modal yang minim. Dengan memanfaatkan fasilitas dari broker forex, seorang investor bisa melakukan tradingemas secara real time dari seluruh dunia. Kelemahannya adalah trading emas tergolong investasi berisiko. Butuh pengetahuan dan waktu yang total melakukan monitoring transaksi ini. Di sisi lain potensi rugi juga harus dipahami investor. Seorang trader bisa mendapatkan keuntungan dari pergerakan emas yang naik atau turun. Sama halnya dengan tetap bisa berpotensi

Emas bisa menjadi lumbung mendapatkan lebih banyak keuntungan lewat empat pilihan investasi seperti uraian di atas. Namun, di balik besarnya potensi dari investasi emas, perlu diwaspadai bahwa penipuan bisa saja terjadi. Karena itu lakukanlah investasi emas di platform terpercaya seperti Bukalapak karena Sampai hari ini sudah sering terjadi penipuan terkait dengan investasi emas. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dan mencermati tawaran dari siapa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *